Memaafkan itu baik, kan?

15 Jun

Siang kemarin, seorang murid mendatangi saya ketika saya akan ke toilet. Hm, murid ini adalah murid yang saya hindari sejak awal semester, tengah Mei lalu. Kenapa?

Sebenarnya dia pria yang sopan di kelas. Sekalipun terlambat hadir, dia tetap berusaha belajar. Namun, sikap sopan itu berubah sejak saya memberitahunya bahwa dia tak bisa ikut ujian karena kehadirannya kurang. Setelah berusaha merajuk, mengancam, dan mencoba ‘main belakang’, dia berani membentak saya dan marah-marah dalam bahasa Korea di depan murid-murid saya yang lain.  Saat itu, saya sakit hati. Saya benar-benar dibuatnya tercoreng arang. Saya tak malu. Saya marah atas sikapnya. Tak seharusnya manusia dewasa bersikap seperti anak kecil yang direbut mainannya.

Sesaat setelah melakukan kesalahan itu, ia pun menyadari kesalahannya, mencoba meminta maaf lewat pengajar lain, pun lewat SMS. Tak saya gubris satu pun SMS-nya. Salah seorang temannya, murid saya yang lain, juga berusaha menenangkan hati saya. Saya terharu padanya. Meskipun begitu, rasa tak tertahankan dalam hati saya untuk geram padanya, belum padam.

Awal semester saya sudah was-was. Tak ingin kejadian itu terulang lagi, saya meminta daftar nama kelas saya mengajar. Oh, ada nama orang itu lagi! Saya meminta kelas saya diganti. Saya tak bisa menangani jika ada masalah lagi dengannya.

Dan, hari ini saya bertemu dia. Dengan wajah sumringah, dia menyalami saya, menanyakan kabar saya, dan meminta maaf atas kesalahannya. Oya, dia juga minta saya melupakan salahnya. Ya, dia mengakui salahnya. Tiba-tiba, saya merasa lega. Apa yang saya rasa selama ini pun berubah menjadi perasaan yang datar. Saya tidak langsung melupakannya, tapi paling tidak, saya tahu bahwa memaafkan itu lebih baik dibandingkan menyimpan benci terus menerus. Saya ingat entah siapa pernah berkata, penyakit itu timbul dari perasaan. So, memaafkan itu baik kan?

Leave a Reply

