Pelajaran #1

9 Aug

Hari ini saya belajar banyak.

Saya ingat kata-kata bijak ibu, “Jangan pernah mengumpat, menghina, menjelek-jelekkan orang dengan ungkapan apapun.”

Saya tanya, “Kenapa?”

“Malaikat di sebelah kanan dan kirimu akan mendengar,” jawabnya.

Saya mengernyitkan dahi, “Lalu?”

Ibu paham kalau saya ingin tahu lebih dari itu saja. Lanjutnya, “Mereka akan membalikkan hinaanmu untuk orang lain kepada dirimu lagi. Dan malaikat akan mendoakan kau seperti yang kau hinakan pada orang lain.”

Saya bingung.
“Maksudnya?”

“Jika kau menghina orang lain dengan mengatakan ‘Monyet kau!’ maka malaikat akan berdoa kepada Tuhan dan membalikkan kata-katamu padamu dengan ‘Semoga kau menjadi seperti apa yang kau ucapkan.”

Saya tersenyum hari ini.

Saya tak bisa bertanya-tanya lagi . . .

Terima kasih, Tuhan. Terima kasih, Ibu.

KK, Maret 2010

Leave a Reply

