Gallery

Kata Tak Berjenis Kelamin

27 Nov

Sejak kecil, kita, orang Indonesia sudah diajarkan untuk bersikap adil dan tak membeda-bedakan orang lain. Ini yang membuat saya, orang Indonesia yang berbahasa Indonesia, merasa bangga. Bagaimana tidak, orangtua kita menyebut kita dengan sebutan anak, kelak, ketika kita menjadi orangtua, kita pun berlaku demikian kepada anak kita. Kita juga menyebut kakak atau adik tanpa kita perlu menyebutkan apakah mereka laki-laki atau perempuan.

Kita sudah diajarkan untuk menyamaratakan gender. Tak ada beda antara laki-laki dan perempuan. Bahasa Indonesia itu sudah mengajarkan kita untuk berdemokrasi,  bukan?

Sekarang, bandingkan dengan bahasa Inggris. Ketika seorang ibu memperkenalkan anaknya, dia akan mengatakan, “This is my son/daughter.” Kita tak perlu ungkapan semacam itu sebab ketika kita membawa anak kita ke arisan, sudah pasti dapat dilihat dengan jelas apakah dia laki-laki dan perempuan, yang penting, dia anak kita.

Nah, ini mungkin yang membuat semacam  alasan bagi orangtua untuk menerima apapun adanya anak kita, terutama ketika kasus transjender mulai merebak di Indonesia. Jika saya adalah orangtua, mungkin saya akan mengatakan, “Apapun dia, bagaimanapun dia, dia tetap anak saya.” Bayangkan jika kalimat itu diubah ke dalam bahasa Inggris atau bahasa berjender lain. Mau jadi apa?🙂

Nah (lagi), bagaimana nasib para karyawati, mahasiswi, pramugara, atau peragawan, yang masih kita pakai selama ini? P Jika kita adalah bangsa berdemokrasi yang tak ingin disebut menyinggung SARA, apakah kita masih memerlukan kata-kata untuk profesi berdasarkan jenis kelamin? Beruntung, saya adalah guru yang kebetulan perempuan dan bukan guri. Jika saya adalah guri, maka saya akan berada di belakang, sebab dalam bahasa Jawa kata itu bermakna ‘belakang’.

Itu pendapat saya aja, sih….:D

Leave a Reply

